Jumat, 12 November 2010

Perbedaan Perkembangan Telematika Indonesia Dengan Diluar

Perkembangan telematika di Indonesia melalui beberapa tahap. Berikut ini akan dijelaskan bagiamana tahap-tahap perkembangan telematika di Indonesia. Ragam bentuk telematika yangdijelaskan disini, tidak terlepas dari perkembangannya di masa lalu. Untuk di Indonesia sendiri, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang wktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000.

a. Periode Rintisan
Pada periode rintisan telematika ini merupakan masa dimana beberapa orang Indonesia belajar menggunakan telematika, atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an, teleconference terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara Presiden Suharto di Jakarta dengan para petani di luar jakarta, bahkan di luar pulau Jawa. Pada pihak akademisi dan praktisi praktisi IT (Information and Technology).

b. Periode Pengenalan
Periode perkenalan berlangsung hamper 1 dasawarsa atau sekitar 10 tahun. Periode satu dasawarsa ini, tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. Teknologi telematika, seperti computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televise internasional - tv kabel Indonesia, mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

c. Periode Aplikasi
Awal era millennium inilah, pemerintah Indonesia serius menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal "top-down" direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Selanjutnya, teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hamper seluruh lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televise, dan teleconference melalui 3G. Teknologi computer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point

Berdasarkan tahapan periode tentang Telematika di Indonesia, berarti Indonesia sudah mengikuti ataupun menunjukkan bahwa Indonesia sudah mengikuti kemajuan teknologi. Namun hingga saat ini, perkembangan di Indonesia sudah sangat pesat. Mungkin dikarenakan banyaknya tumbuh warga Indonesia yang melek teknologi ataupun tumbuhnya orang-orang yang sangat ingin memahami telematika, sehingga tidak sedikit warga Indonesia yang bersekolah diluar demi mendapatkan ilmu yang lebih, dan itu berarti telah berkembangnya pemikiran warga Indonesia mengenai kemajuan teknologi.

sumber : www.gudangmateri.com/2010/08/perkembangan-telematika-di-indonesia.html , www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar