Minggu, 07 November 2010

Speech Recognition

Speech Recognition adalah suatu sistem mengidentifikasi seseorang dari suaranya. Voice Recognition/Verivication mengidentifikasi siapa yang berbicara, sedangkan Speech Recognition karena mengidentifikasi apa yang diucapkannya.

Hardware yang dibutuhkan adalah :

  1. a. SoundCard, merupakan alat yang ditambahkan dalam suatu Komputer yang fungsinya sebagai input dan output suara untuk mengubah sinyal elektrik, menjadi analog maupun menjadi digital.
  2. b. Microphone, Alat untuk mengubah suara yang melewati udara, air dari benda orang menjadi sinyal elektrik.
  3. c. Processor/Komputer, Dalam proses suara digital menterjemahkan gelombang suara menjadi suatu simbol biasanya menjadi suatu nomor biner yang dapat diproses lagi. Saat pengunaan menggunakan mikrofon, soundcard berkualitas baik, sehingga akan mengurangi noise yang disebabkan karena terganggu sinyal monitor, pci slots.
  4. d. Software pendukung Speech dan Voice Recognition, misal yang bersifat Freeware

PRINSIP KERJA

Speaker recognition menggunakan fitur akustik ucapan yang ditemukan berbeda pada setiap orang. Ciri akustik tersebut disebabkan adanya perbedaan anatomi (seperti bentuk mulut dan tenggorokan) dan kebiasaan yang berbeda seperti (penekanan dan gaya bahasa). Perbedaan yang khas tersebut disebut “voiceprints“ yang menjadi suatu metode biometric.

Skema Utama Speech Recognition, terdapat 4 langkah utama dalam sistem pengenalan suara :

  1. Penerimaan data input
  2. Ekstraksi, yaitu penyimpanan data masukan sekaligus pembuatan database untuk template.
  3. Pembandingan/pencocokan, yaitu tahap pencocokan data baru dengan data suara (pencocokan tata bahasa) pada template
  4. Validasi identitas pengguna
peech recognition merupakan salah satu jenis biometric recognition,yaitu proses komputer mengenali apa yang diucapkan seseorang berdasarkan intonasi suara yang dikonversi ke dalam bentuk digital print.

Sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Speech_recognition , http://triyadi.com/kecerdasan-buatan-artificial-intelegence/23-speech-recognition.html

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa bantusaya menerangkan tentang ASR ?? saya akan memberikanbayaran yang setimpal
juka berkenan hub saya (hasnoy@gmail.com)

Posting Komentar